Definisi Invoice dan Pentingnya dalam Transaksi Bisnis

Transaksi bisnis yang baik adalah transaksi yang dilakukan dengan bukti – bukti pelengkap. Dengan adanya bukti pelengkap, antara penjual dan pembeli dapat mengetahui informasi mengenai transaksi tersebut.

Salah satu bukti dalam transaksi adalah invoice. Mungkin beberapa pelaku bisnis masih asing dengan istilah invoice, padahal sebenarnya invoice adalah faktur. Hanya penamaan saja yang berbeda, invoice menggunakan bahasa Inggris sementara faktur adalah penyebutan dalam bahasa Indonesia.

Sumber:http://help.imis.com/classic/#Desktop/Sample_Reports/Meeting_Registration_Invoice_report.htm%3FTocPath%3DSample%2520Reports%7CEvent%2520Reports%7CSample%2520Events%2520Reports%7C_____3

Keberadaan invoice dalam bisnis sangatlah penting, apalagi bisnis tersebut melakukan transaksi yang bersifat kredit. Harus ada bukti kuat yang dipegang antara penjual dan pembeli, mengingat dalam transaksi kredit, pembeli belum membayarkan seluruh tagihannya kepada penjual. Jika tidak ada bukti transaksi seperti invoice, bisa saja pihak pembeli mengaku telah membayar padahal sebenarnya belum.

Pentingnya invoice dalam transaksi bisnis akan dibahas di artikel ini. Namun sebelumnya, kita akan membahas mengenai apa itu invoice? Invoice adalah sebagai berikut.

Definisi Invoice adalah

Invoice adalah dokumen penting yang dikeluarkan oleh perusahaan sebagai pihak penjual kepada pembeli atas transaksi yang terjadi secara kredit. Dengan adanya dokumen ini, penjual juga dapat melakukan penagihan kepada pembeli apabila pembeli lalai dalam melakukan pembayaran tagihan.

Penjual tidak perlu khawatir ketika melakukan penagihan kepada pembeli. Karena di sini, penjual akan mendapat perlindungan hukum, dimana invoice adalah dokumen yang juga berfungsi sebagai payung hukum bagi perusahaan.

Selain itu, definisi lain dari invoice adalah bukti tertulis yang diterbitkan oleh penjual atas daftar kiriman barang yang dibeli oleh pelanggan, dimana di dalam bukti tersebut memuat berbagai informasi penting, seperti produk yang dibeli, spesifikasi, kualitas, serta harga. Selain itu, tertera juga cara pembayaran serta termin waktu pembayaran.

Pentingnya Invoice adalah

Meskipun penting, invoice adalah dokumen yang fleksibel. Dimana invoice tidak memiliki bentuk yang baku, bentuk dan format berbeda – beda tergantung pada perusahaan, kebutuhan, dan jenis transaksinya.

Invoice biasanya dibuat dalam dua rangkap, dimana satu rangkap diberikan kepada penjual dan disebut faktur penjualan. Sementara rangkap lainnya diberikan kepada pembeli dan disebut faktur pembelian.

Namun lebih kompleks lagi, invoice juga dapat dibuat sebanyak tiga rangkap. Dimana rangkap pertama diberikan kepada perusahaan sebagai pihak penjualan, digunakan sebagai arsip transaksi serta dokumen penagihan kepada pembeli. Rangkap kedua diberikan kepada bagian keuangan perusahaan, yang mana penting untuk referensi dalam pembukuan. Serta rangkap ketiga diberikan kepada pembeli.

Fungsi Invoice adalah

Sumber: https://www.digital-invoice-template.com/

 

Invoice memiliki berbagai fungsi, tergantung pada pihak yang menggunakannya. Sebelumnya telah dibahas bahwa invoice biasanya dibuat dalam tiga rangkap. Dan berikut ini, fungsi dari invoice berdasarkan pihak – pihak yang memilikinya, diantaranya adalah pihak penjual.

Bagi pihak penjual, fungsi invoice adalah sebagai dokumen yang berguna untuk arsip, bahwa telah terjadi transaksi antara penjual dan pembeli. Selain itu, invoice juga berfungsi sebagai informasi mengenai jumlah tagihan dan termin yang harus dibayarkan pembeli, serta sebagai rujukan ke pihak lain jika produk akan dijual kembali.

Untuk bagian keuangan, invoice berfungsi sebagai dokumen yang digunakan sebagai referensi untuk melakukan pembukuan, serta sebagai rujukan yang sah apabila akan digunakan untuk faktur pajak.

Sementara untuk pembeli, fungsi dari invoice adalah sebagai acuan untuk melakukan komplain apabila produk yang dikirim tidak sesuai atau tagihan tidak sesuai. Tidak hanya itu, invoice juga dapat menjadi referensi mengenai jumlah tagihan dan termin pembayaran, sehingga pembeli tidak telat dalam melakukan pembayaran.

 

Itulah pentingnya invoice dalam transaksi bisnis, dimana setiap perusahaan sebaiknya melengkapi dokumen – dokumen tersebut supaya proses transaksi bisnis berjalan lancar.

Leave a Comment